Kamis, 18 Juni 2009

Kunjungan Duta Vatikan di Paroki Singkawang


Dutabesar Vatikan, Mgr. Leopoldo Girelli, mengadakan kunjungan pastoral ke Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang pada tanggal 18 Mei 2009. Dalam kunjungan tersebut Mgr. Girelli mengadakan beberapa acara, yakni: merayakan Ekaristi bersama umat Katolik Singkawang, mengadakan dialog dan ramah tamah dengan Umat Katolik Paroki Singkawang dan usur-unsur Muspida Pemkot Singkawang, dan mengunjungi Biara Klaris Kapusines Singkawang.
Umat Paroki Singkawang penuh suka cita dan sangat antusias menyambut kedatangan Dubes Vatikan ini. Hal ini nampak dari kehadiran umat yang membludak penuh sesak memenuhi gereja. Bahkan gereja tidak bisa menampung umat yang datang untuk merayakan Ekaristi bersama Bapak Dubes Vatikan. Umat yang hadir pada perayaan itu diperkirakan 1000 orang lebih.
Perayaan Ekaristi dipimpin langsung oleh Mgr. Leopoldo Gierlli dengan di dampingi Mgr. Hieronymus Bumbun, OFMCap, P. William Chang, OFMCap, P. Victorius Dwiardi, OFMCap, P. Amandus Ambot, OFMCap, P. Marselinus Ariyanto, OFMCap dan seorang Pastor dari Korea Selatan yang ikut dalam rombongan Dubes Vatikan. Perayaan misa berjalan hikmat. Dalam kotbahnya Mgr. Girelli menekankan perlunya umat meneladan sikap St. Fransiskus dari Assisi yang merupakan patron dari gereja pusat Paroki Singkawang dalam menghayati iman dan menjadi saksi Kristus di tengah dunia dan masyarakat. St. Fransiskus adalah adalah seorang katolik sejati dan seorang kudus, yang sederhana, cinta damai dan menghargai setiap makhluk ciptaan sebagai saudara-saudari. “Tirulah hidup St. Fransiskus Assisi dalam hidup Anda sehari-hari”, demikian nasehat Mgr. Girelli.
Mgr. Girelli merasa sangat senang bisa berkujung di Singkawang dan berterimakasih atas sambutan Umat Katolik Paroki Singkawang yang hangat, kompak dan penuh semangat. Kami juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas kunjungan yang mulia di paroki kami. Semoga dengan kunjungan yang mulia umat Katolik di paroki ini membangkitan semangat yang baru dalam hidup mengereja, semakin kompak dan bersatu dalam membangun dan mengembangkan paroki ini sehingga dapat menjadi "garam" dan "terang" di tengah-tangah masyarakat dan dunia, khususnya di Singkawang. Semoga!

Tidak ada komentar: