Minggu, 08 Maret 2009

Mengapa Aku Menjadi Katolik?



Umat Allah yang dikasihi Tuhan,

Melalui pertanyaan ini, saya mengajak saudara-saudari untuk melihat perjalanan kita sebagai orang katolik baik secara personal maupun komunal. Kini, kita adalah anggota Gereja Katolik. Bagaimana hal itu terjadi? Setiap kita punya sejarahnya. Umumnya kita menjadi katolik karena berasal dari keluarga/orang tua katolik. Banyak juga yang menjadi katolik pada usia dewasa. Ada beberapa hal yang mendorong orang untuk menjadi katolik seperti: karena ketertarikan kepada pewartaan dan cara hidup pastor, suster, bruder, frater, dan keluarga katolik, karena pengajaran dari katekis atau guru agama, karena melihat dan berteman dengan mereka yang katolik, karena perkawinan dan lain sebagainya. Ini adalah proses awal untuk menjadi katolik.

Kita tidak berhenti pada proses awal ini saja. Kita bergerak kepada suatu tahap yang lebih penting dan signifikan yakni beriman dan memilih dimana kekatolikan yang kita punyai menjiwai kehidupan kita. Orang yang sampai pada proses ini lebih tangguh hidup kekatolikannya. Hidup doanya berkembang, demikian juga relasi sosialnya dengan orang lain. Hidup berimannya tampak dalam kehidupan hariannya. Cara hidup yang dijiwai oleh iman katolik ini merupakan kotbah dan pewartaan yang hidup.

Umat Allah yang saya banggakan,

Oleh karena itu, kesaksian hidup sebagai orang katolik merupakan sarana dan bentuk pewartaan yang paling handal untuk menunjukkan kehadiran Kerajaan Allah di tengah dunia atau masyarakat. Pendidikan dan pengajaran agama dalam keluarga harus tetap dilakukan oleh setiap keluarga katolik. Relasi dengan orang sekitar membuat mereka melihat, mengenal, dan menganggumi kehadiran kita sebagai orang katolik. Ingatlah, kita menjadi katolik karena keluarga dan cara hidup dan pewartaan dari orang-orang katolik sebelum kita.

3 komentar:

mariuscsf mengatakan...

Benar... Akhirnya,mudahmudahan, kita tertarik oleh Yesus Kristus yang diwartakan; dan kita menjadi katolik karena Dia. Dan mudahmudahan kita sanggup hidup sebagai orang kristen karena Dia.

Renungan mengatakan...

Apapun jalan menjadi Katolik,karena Dia yang memilih kita.Pada dasarnya Semua orang ditakdirkan Selamat karena Darah Kristus

Renungan mengatakan...

Mari kita selalu memperdalam ajaran Gereja kita, karena gereja yang menarik belum tentu benar. Kristus hanya mendirikan satu Gereja 2000 th yang lalu diatas batukarang Petrus (diskusi-semarangan.blogspot.com)